Kuliah termurah di dunia menjadi solusi bagi para pelajar internasional, terutama yang ingin melanjutkan studi sampai ke perguruan tinggi. Dilansir dari situs The Advocate, ada beberapa nama universitas termurah dunia dengan kampus unggulannya dan biaya yang masih tergolong murah.

Walaupun tidak ada perguruan tinggi dari Indonesia, salah satu dari pilihan tersebut tidak jauh lokasinya dari Indonesia. Dengan informasi ini kamu dapat memanfaatkan peluang melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi tanpa perlu kesulitan dengan faktor biaya.

Baca Juga : 10 Buku Termahal di Dunia ini Harganya Sampai Miliaran Rupiah!

Tempat Kuliah Termurah Dunia

Daripada penasaran dengan apa saja nama tempat kuliah termurah di dunia, berikut adalah daftar informasi yang dapat kamu simak:

1. University of Bergen

University of Bergen berada di Norwegia sebagai salah satu universitas negeri dengan biaya kuliah termurah di dunia. Jika kamu Penasaran dengan berapa biaya kuliah per semester, seluruh mahasiswa pada lembaga perguruan ini tidak perlu membayar kuliah sama sekali alias 100% gratis.

Hanya saja perlu kamu ketahui bahwa biaya hidup di Norwegia terbilang tinggi bahkan lebih besar daripada biaya hidup di New York. New York terkenal memiliki pajak tinggi dengan kisaran pajak lebih banyak dibandingkan kota-kota lainnya di Negeri Paman Sam. Biaya hidup selama di Norwegia adalah sekitar 230 juta rupiah setiap tahun.

2. Brigham Young University

Pilihan tempat kuliah termurah di dunia selanjutnya yaitu Brigham Young University, berbasis di Amerika Serikat. Para mahasiswa harus mengeluarkan biaya sekitar 209 juta rupiah sebagai uang kuliah sekaligus telah memperoleh akomodasi gratis.

Lembaga perguruan tinggi ini menawarkan kuliah dengan kelas kecil sehingga jumlah mahasiswanya tidak banyak. Kamu akan menikmati perkuliahan di kampus Provo, Utah. Lembaga perguruan tinggi tersebut juga sering memperoleh dana bantuan banyak perusahaan melalui program corporate social responsibility. Inilah alasannya Mengapa kampus tersebut menjadi salah satu tempat belajar termurah Amerika Serikat.

3. Tecnológico de Monterrey

Universitas ini berada pada salah satu kota Meksiko, Monterrey. Setiap tahunnya, para mahasiswa harus membayar biaya kuliah sekitar 69 juta rupiah. Ada beberapa kampus Meksiko dengan biaya kuliah tidak jauh berbeda seperti yang ditawarkan di Monterrey.

Universitas tersebut juga mempunyai banyak cabang dengan berbagai fasilitas menarik. Namun kamu juga harus menyadari bahwa biaya hidup selama di Monterrey setiap bulannya mencapai 9,7 juta rupiah.

4. University Malaya

Jika ingin kuliah di salah satu lembaga pendidikan unggulan, dengan biaya termurah di dunia maka pilihannya adalah University Malaya. Lembaga perguruan tinggi ini menawarkan biaya kuliah setiap tahunnya mencapai 55 juta rupiah. Tidak hanya menawarkan biaya kuliah termurah di dunia, University Malaya berada di Malaysia dengan biaya hidup tidak jauh berbeda seperti di Indonesia.

Kualitas Universitas tersebut sangat bersaing jika dibandingkan dengan Universitas kelas dunia dengan lokasi kampus sangat strategis. Letaknya berada di pinggiran kota Kuala Lumpur dan termasuk menjadi salah satu Universitas Negeri populer. Dengan memilih University Malaya, kamu telah berada pada lembaga perguruan tepat.

Tips Kuliah Lebih Murah

Ada beberapa cara supaya kamu dapat melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi dengan biaya kuliah lebih murah. Salah satu cara paling efektif adalah dengan mengikuti program beasiswa sesuai bakat dan minat. Misalnya kamu dapat memanfaatkan beasiswa S1 unggulan dari Kementerian Pendidikan supaya bisa kuliah di dalam atau luar negeri.

Tidak sedikit mahasiswa internasional dari Indonesia yang memilih kuliah di luar negeri dengan cara kuliah sambil bekerja. Selain mendapatkan pengalaman pendidikan, kamu juga akan memperoleh pengalaman bekerja yang menjadikan nilai lebih ketika lulus nanti. Dari hasil bekerja kamu dapat menggunakannya untuk membayar biaya kuliah.

Itulah universitas termurah di dunia.