Pendidikan menjadi hal yang sangat penting bagi kemajuan dan kesejahteraan sebuah negara. Adanya sistem pendidikan yang baik dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, juga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari sisi sosial, pembangunan, hingga ekonomi.

Dengan memiliki pendidikan yang baik, meningkatkan peluang seseorang untuk memiliki hidup dan karir yang lebih baik. Inilah salah satu alasan mengapa sebuah negara harus terus meningkatkan sistem pendidikan mereka.

Berdasarkan laporan survei yang dilakukan di 78 negara oleh US News and World Report bersama BAV Group, dan Wharton School of the University of Pennsylvania, negara-negara yang terletak di Eropa mendominasi sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Baca Juga : 5 Universitas Terbaik di Inggris Tahun 2021

1. Amerika Serikat

Tak berbeda dengan tahun sebelumnya, posisi pertama masih dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik. Amerika Serikat memiliki sistem pembelajaran yang berfokus pada siswa. Para pelajar di AS sejak awal sudah dikenalkan dengan pemecahan masalah dan berbagai proyek.

Para pelajar diharuskan mengikuti sistem pendidikan hingga tingkat 13, yakni dari taman kanak-kanak hingga menengah atas. Kemudian, terdapat sekitar 70 persen siswa AS melanjutkan ke pendidikan tinggi.

2. Inggris

Di posisi kedua juga belum berubah dari tahun sebelumnya, Inggris masih menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik setelah Amerika. Inggris mewajibkan sekolah dari usia 5 tahun hingga 16 tahun, melalui empat tahap kurikulum nasional.

Sistem pendidikan di Inggris dinilai berhasil, karena memiliki tingkat pengangguran yang rendah meskipun memiliki standar untuk bekerja relatif tinggi. Hal ini juga dipengaruhi dari sistem pendidikan yang berfokus pada praktik dibandingkan teori.

3. Jerman

Jerman mewajibkan warganya untuk menyelesaikan pendidikan formal hingga ke tingkat menengah. Penelitian dan pengembangannya tak terbatas di perusahaan saja, tetapi juga dalam universitas dan lembaga non-universitas.

Inilah yang memberikan dampak besar bagi kualitas pendidikan di Jerman. Kurikulum di Jerman berfokus pada pendekatan pengajaran yang komprehensif dan penelitian.

 4. Kana

Kanada mewajibkan pendidikan hingga usia 16 tahun, kecuali untuk Ontario dan New Brunswick. Pendidikan wajib dimulai di usia 5 atau 6 tahun. Kemudian, sebelum masuk ke pendidikan tinggi, harus menyelesaikan sekolah profesional khusus selama dua tahun.

5. Perancis

Di Perancis, para siswa sejak awal langsung diarahkan pada bakat dan minat serta pemahaman konseptual. Negara ini menerapkan untuk para siswa terbiasa belajar dengan pola keras, disiplin, dan dipenuhi dengan tugas.