Jepang merupakan negara dengan sistem pembelajaraan terbaik di Asia. Oleh karena itu tak heran banyak orang termasuk orang Indonesia untuk memilih berkuliah disana. Selain, sistem pembelajaraan yang bagus dan fasilitas-fasilitas penunjang juga ramah untuk pelajar.

Buat kalian yang berencana ingin kuliah ke Jepang, berikut 6 Universitas terbaik di Jepang yang bisa menjadi rujukan dalam mencari universitas.

Baca Juga : Pendidikan Usia Dini di Negara Sakura Seperti Apa Ya? Ini Penjelasan Lengkapnya!

1. Nagoya University

Nagoya University merupakan universitas yang sudah berdiri dari sejak zaman Kekaisaran Meiji. Pada awalnya universitas ini merupakan sekolah kedokteran.

Nah, universitas ini diperuntukkan bagi kalian yang tertarik dibidang yang berhubungan dengan sains, Karena universitas ini kebanyakan alumninya berkarier dibidang tersebut termasuk, peraih nobel dibidang bahkan penemu Blue-LED yaitu Hiroshi Amano dan Isamu Akasa juga alumni universitas ini, loh!

2. Tokyo Institute of Technology

Kalau dilihat dari namanya pasti universitas yang berhubungan teknologi dan teknik. Universitas ini memiliki jurusan untuk jenjang D3 dan 6 jurusan untuk jenjang S1 dan S2 yang meliputi keilmuan teknik, biologi, astronomi, manajemen inovasi dan lain-lain.

Universitas ini merupakan salah satu universitas bergengsi dan memilki tingkat seleksi yang sangat ketat. Alumninya sendiri kebanyakan berkarier dibidang sains dan teknisi.

3. Kyoto University

Bagi, yang ingin berkuliah jauh dari pusat keramaian Kyoto merupakan salah satu pilihan yang cocok. Kalau diibaratkan Kyoto seperti Yogjanya Jepang, karena kedua kota tersebut sama-sama kental dengab adat istiadat dan banyak tempat-tempat edukasi.

Kyoto University, salah satu universitas favorit di Kyoto memiliki memiliki 10 jurusan untuk S1 dan 17 sekolah untuk S2. Alumninya sendiri ada yang meraih nobel dibidang Nobel dalam bidang fisika teori, kimia, danbiologi molekuler.

4. Waseda University

Walau pun Waseda merupakan universitas swasta namun kualitasnya tidak kalah bagus. Bahkan, Waseda University merupakan Universitas swasta terbaik dan favorit di Jepang, Universitas ini juga bekerja sama dengan beberapa universitas didunia seperti, Yale University, University of Hong Kong dan Cambridge University.

Aluminya tak tanggung-tanggung seperti, termasuk Tadashi Yanai, CEO Uniqlo, Ibuka Masaru, Pendiri Sony Group bahkan ada beberapa Perdana Menteri Jepang merupakan lulusan universitas tersebut.

5. The University of Tokyo

Merupakan salah satu kampus incaran para pelajar Jepang maupun pelajar internasional lainnya. Universitas ini memiliki 5 kampus berada di Hongō, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano.

Jurusan favorit di universitas tersebut adalah hukum dan sastra. Alumninya adalah beberapa politikus dan peraih nobel di Jepang.

6. Tohoku University

Universitas ini cocok buat kalian yang ingin belajar jurusan material yaitu, mempelajari materi pembuatan benda sampai bangunan. Karena universitas ini terkenal dengan jurusan tersebut. Bahkan, jurusan tersebut termasuk salah satu jurusan terbaik di dunia menurut lembaga internasional Thomson-Reuters.

Universitas ini memiliki 15 jurusan diantaranya, sekolah setara S1 yang meliputi keilmuan sastra-seni, ekonomi, sains, kedokteran-kedokteran gigi, edukasi dan teknik.