Jakarta – Apakah kamu tertarik kuliah di Jepang? Sambil mencari opsi universitas pilihan, detikers perlu tahu nih Keio University, universitas swasta tertua di Jepang yang menyediakan beasiswa dan prodi berbahasa Inggris.
Keio University didirikan tahun 1858 di Tokyo sebagai perguruan tinggi modern pertama di Jepang. Jika dibandingkan dengan Universitas Indonesia yang didirikan tahun 1849, maka Keio berusia 9 tahun lebih muda dari universitas pertama di Indonesia tersebut.

Universitas swasta tertua di Jepang ini menempati peringkat 14 universitas terbaik di Jepang versi Times Higher Education (THE), peringkat 36 di Asia, dan peringkat 91 di THE World Impact Rankings.

Sejumlah prodi di Keio University juga menempati peringkat dunia. Berdasarkan pemerinkatan Times Higher Education, prodi Social Sciences and Management menempati peringkat 82 dunia. Sementara itu, prodi Anatomy and Physiology menempati peringkat 36 dunia.

Baca Juga : Apa Sih Bedanya Sastra dan Pendidikan Bahasa Jepang?

Nah, berikut fakta-fakta Keio University, universitas swasta tertua di Jepang seperti dilansir dari laman resmi Keio:
1. Dibuat berdasarkan sistem pendidikan Barat
Keio University didirikan oleh Fukuzawa Yukichi (1835-1901), pemuda yang hidup di masa Restorasi Meiji. Fukuzawa melihat kesempatan saat munculnya periode modernisasi budaya dan politik Jepang setelah isolasi nasional selama 300 tahun runtuh.

Fukuzawa belajar di sekolah Tekijuku yang kelak menjadi Universitas Osaka. Ia lalu melakukan perjalanan ke Eropa dan Amerika, salah satunya untuk belajar di Brown University. Di perjalanan, ia menyadari Jepang butuh sistem pendidikan baru berdasarkan sistem di Eropa dan Amerika.

2. Menggunakan konsep jitsugaku
Filosofi Keio University menggunakan konsep jitsugaku yang berarti penekanan pada ilmu empiris. Fukuzawa percaya bahwa siapa pun yang berjuang untuk kemajuan masyarakatnya harus mencari pengetahuan terlepas dari kecenderungan apapun.

3. Ajaran pendiri bertahan selama 1,5 abad
Fukuzawa percaya, satu-satunya cara agar Jepang bisa bersaing dengan teknologi dan organisasi sosial Barat adalah dengan “selalu berjuang untuk kemajuan dan pencerahan, dan memberikan pendidikan akademik dan moral yang diperlukan untuk menciptakan generasi pemimpin yang bijak dan cakap.”

Visi dan ajaran asli Fukuzawa bertahan selama lebih dari 1,5 abad lewat proses evaluasi akademik berkelanjutan.

4. Mahasiswa internasional pertama di Keio
Mahasiswa internasional pertama di Keio University datang tahun 1881. Sejak itu, Keio melaksanakan sekitar 250 pertukaran mahasiswa dan kerja sama riset dengan kampus dan institusi di 40 negara.

5. Fakultas dan pengantar bahasa Inggris
Keio University memiliki 10 fakultas S1, 14 sekolah pascasarjana, sekitar 30 pusat riset, satu rumah sakit universitas, dan satu perpustakaan pusat. Tujuh prodi di Keio menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris penuh. Sementara itu, 16 prodi merupakan program double-degree yang bekerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri.

Universitas di Jepang ini memiliki 2 program kuliah berbahasa Inggris jenjang S1. Program tersebut yaitu Global Information and Governance Academic Program (GIGA) dan Program in Economics for Alliances, Research and Leadership (PEARL).

6. Program bahasa untuk mahasiswa
Karena banyak prodi menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, banyak mahasiswa internasional harus memiliki sertifikat kecakapan bahasa Jepang dengan tingkat kecakapan minimal sesuai ketentuan. Keio University juga menyediakan pelatihan bahasa untuk mahasiswa di Japanese Language Program.

7. Alumni Keio di Mita-Kai
Alumni Keio di antaranya berkarir di bidang politik dan pelayanan publik, industri, dan akademik. Organisasi alumni Keio yang disebut Mita-kai menjadi penghubung kampus dengan alumni untuk bertukar informasi dan bekerja sama.

8. Beasiswa Keio University
Beasiswa di Keio University tersedia untuk jenjang S1 dan pascasarjana. Beasiswa ini tersedia dalam bentuk merit-based dan need-based scholarships.

Di samping beasiswa Keio, detikers juga bisa belajar di Keio denganbeasiswa pemerintah Jepang seperti beasiswa MEXT dan JASSO. Beasiswa MEXT di Keio biasanya dibuka sekitar bulan Desember. Sementara itu, beasiswa JASSO biasanya dibuka pada bulan April.

Nah, itu dia universitas swasta tertua di Jepang. Gimana detikers, minat kuliah di Jepang?