Pusat pendidikan tinggi di dunia telah ada selama ratusan bahkan ribuan tahun. Meski tidak semuanya bertahan karena sebagian telah dibubarkan atau dipecah menjadi perguruan tinggi otonom yang termodernisasi tanpa bisa dikenali lagi.

Universitas tertua di dunia berikut ini menunjukkan, melalui sejarah singkatnya bahwa lembaga swakelola otonom pertama kali dikembangkan sebagai lembaga keagamaan (madrasah) yang berasal dari dunia Islam abad pertengahan.

Sedangkan, Eropa mendirikan universitas pertamanya kira-kira dua abad setelah universitas pertama dikembangkan di Maroko.

Institusi-institusi kuno yang ada di sini saat ini penting untuk warisan sejarah mereka dan untuk membuktikan kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan konteks modern dan tetap relevan di dunia yang terglobalisasi terlepas dari persaingan yang ketat.

Namun, sebelum mengetahui universitas-universitas tertua di dunia, perlu dipahami bahwasannya pengertian universitas secara sempit yakni seperti yang dipahami oleh buku dan media Barat. Ini mengartikan bahwa universitas terbatas hanya pada institusi pendidikan yang memiliki tradisi yang berasal dari medieval universities yang berakar pada cathedral schools dan monastic schools.

Atas dasar definisi yang european-centric itu, maka universitas yang tertua di dunia adalah University of Bologna di Italia yang didirikan 1088 yakni universitas Bologna. Tidak mengherankan pula bila Quacquarelli Symonds dalam rilis 10 universitas tertua di dunia mereka tidak memasukkan The University of al-Qarawiyyin dalam daftar susun mereka.

Sebab, dengan definisi ini, maka universitas menjadi unik tradisi keilmuan Eropa. Sekaligus mengabaikan bahwa ada bangsa-bangsa non Eropa yang mengembangkan sistem pendidikan tinggi bahkan jauh sebelum universitas Bologna didirikan. Tentu dengan kekhasan tradisi, budaya, nilai dan konteks kesejarahan yang berbeda dengan tradisi medieval universities.

Berikut daftar susun universitas tertua di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

Universitas Al Karaouine

Universitas Quaraouiyine atau Al Karaoine terletak di Fes, Maroko.Mengutip collegestats.org, universitas ini awalnya adalah sebuah masjid yang didirikan pada 859 SM oleh seorang perempuan dari saudagar kaya bernama Fatima al-Fihri. Fatima sendiri bukan berasal dari Maroko, melainkan Tunisia. Pada abad ke-9, keluarga Fatima bermigrasi ke Maroko bersama orang Arab lainnya. Sejak kecil, ia dibesarkan dalam keluarga yang taat agama dan menghargai pendidikan tanpa memandang gender.

Adapun universitas ini terbuka untuk laki-laki maupun perempuan di mana sistem pembelajarannya pelajar duduk melingkari seorang pengajar yang disebut dengan Syekh.

Lembaga pendidikan ini berkembang menjadi salah satu universitas terkemuka untuk ilmu alam. Baru pada 1957 universitas menambahkan matematika, fisika, kimia, dan bahasa asing. Universitas ini dianggap sebagai universitas pemberi gelar tertua yang terus beroperasi di dunia oleh Guinness Book of World Records.

Universitas Al Azhar

Universitas yang terletak di Mesir ini adalah lembaga pemberi gelar tertua kedua di dunia yang masih bertahan. Didirikan pada 970-972 SM, universitas ini berfungsi sebagai pusat sastra Arab dan pembelajaran Islam.

Universitas Al-Azhar berkonsentrasi pada silabus agama, yang memberikan perhatian khusus pada ilmu-ilmu Al Quran dan tradisi Nabi Muhammad di satu sisi, sementara juga mengajarkan semua bidang ilmu pengetahuan modern.

Universitas Nizamiyya

Berikutnya, Universitas Nizamiyya yang didirikan oleh Khwaja Nizam al-Mulk pada abad kesebelas di tempat yang sekarang disebut Iran. Hal yang paling terkenal dari semua sekolah Nizamiyya adalah Al-Nizamiyya Baghdad, didirikan pada 1065 di Dzul Qa’da dan yang tetap beroperasi di Isfahan. Tapi, ini hanyalah salah satu dari banyak sekolah Nizamiyah yang lainnya terletak di Nishapur, Amul, Mosul, Herat, Damaskus, dan Basra.

Sekolah-sekolah Nizamiyah berfungsi sebagai model untuk universitas masa depan di wilayah tersebut, dan Al-Mulk sering dianggap bertanggung jawab atas era baru kecemerlangan yang menyebabkan sekolahnya melampaui semua lembaga pembelajaran kontemporer lainnya.

Universitas Bologna

Universitas ini adalah lembaga pendidikan tinggi pertama yang didirikan di dunia Barat pada 1088. Istilah “universitas” diciptakan pada saat pendiriannya. Terletak di Bologna, Italia, universitas ini memimpin dunia Barat dalam inovasi pendidikan hingga periode antara dua Perang Dunia.

Pada saat itu, para pemimpin menyerukan universitas untuk menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga di negara-negara yang lebih maju untuk memodernisasi dan memperkuat kembali filosofi pendidikannya. Universitas ini memenuhi panggilan dan hingga saat ini dianggap sebagai pemimpin dalam sistem universitas Eropa.

Ada beberapa program studi pilihan yang dapat diambil di universitas Bologna diantaranya adalah Teknologi Pangan, Ekonomi dan Manajemen, Ilmu Pendidikan, Teknik Arsitektur, Hukum, Kedokteran dan lain-lain.

Universitas Paris

Tidak jelas soal pendirian Universitas Paris ini, namun pengajaran dari universitas ini ada sejak 1096. Universitas ini direorganisasi menjadi 13 universitas otonom pada 1970. Sering disebut sebagai Sorbonne setelah College de Sorbonne (didirikan sekitar 1257), lembaga ini tumbuh di bagian akhir abad ke-12 di sekitar Katedral Notre Dame sebagai sebuah perusahaan yang berpusat pada bidang seni, kedokteran, hukum dan teologi.

Pada 1968, revolusi budaya di sana mengakibatkan penutupan universitas untuk ketiga kalinya dalam sejarah kampus berdiri. Kejadian penutupan pertama adalah pada 1229, dan yang kedua adalah karena invasi oleh tentara Jerman pada 1940.

Universitas Oxford

Seperti halnya Universitas Paris, tanggal pasti pendirian universitas ini tidak jelas. Tanggal pendirian resmi yang disebutkan adalah pada 1096. Lembaga pendidikan ini berkembang pesat sejak 1167, ketika Henry II melarang mahasiswa Inggris untuk menghadiri Universitas Paris.

Adapun sekolah ini pernah ditutup sementara sebanyak dua kali, sekali pada 1209 untuk eksekusi kota terhadap dua sarjana dan pada 1355 akibat kerusuhan St. Scholastica. Saat ini, universitas berbahasa Inggris tertua ini memiliki 38 perguruan tinggi, masing-masing dengan struktur dan kegiatan internalnya sendiri.

Universitas Montpelier

Terletak di Montpelier, Perancis, universitas ini juga jauh lebih tua dari tanggal pendiriannya pada 1150. Universitas ini ditekan selama Revolusi Perancis yang pecah pada 1793, tetapi fakultas sains dan sastra didirikan kembali pada 1810 dan hukum pada 1880. Universitas ini dalam semangat modernisme, “didirikan kembali” pada 1969. Fokusnya adalah pada ilmu pengetahuan dan teknologi.

Universitas Cambridge

Dikenal sebagai universitas tertua kedua di dunia berbahasa Inggris, universitas ini dibentuk oleh para sarjana yang meninggalkan Universitas Oxford karena perselisihan pada 1209. Oleh karena itu, kedua sekolah tersebut memiliki sejarah persaingan yang panjang di antara mereka.

Saat ini, Cambridge diingat sebagai salah satu dari lima universitas top dunia dan merupakan universitas terkemuka terkemuka di Eropa. Pada 2009, alumni dari universitas ini menyumbang delapan puluh lima Pemenang Nobel. Cambridge sekarang terdiri dari 31 perguruan tinggi yang terdiri dari lebih dari 150 departemen, fakultas, sekolah, dan institusi lainnya.

Universitas Salamanca

Terletak di Salamanca, Spanyol, sekolah ini didirikan pada 1218 dan memperoleh gelar universitas oleh Alexander IV pada 1225. Sekolah ini awalnya didirikan oleh Raja Leonese Alfonso IX untuk memungkinkan orang-orang Leon belajar di rumah daripada pergi untuk belajar di Kastilia.

Catatan sejarahnya yang tinggi adalah ketika Columbus berkonsultasi dengan para sarjana institut ini dalam mencari rute barat ke Hindia. Saat ini, Salamanca tetap menjadi universitas pilihan bagi mahasiswa Spanyol yang ingin fokus pada studi humaniora dan bahasa.

Universitas Padua

Ini adalah universitas tertua kedua di Italia setelah Universitas Bologna. Universitas ini didirikan pada 1222 ketika sekelompok mahasiswa dan profesor meninggalkan Universitas Bologna untuk mencari lebih banyak kebebasan akademik.

Fokusnya adalah teater anatomi, didirikan pada 1595, yang menarik seniman dan ilmuwan mempelajari tubuh manusia selama pembedahan publik. Taman dan museum dimulai pada 1545 dan tetap menjadi bukti fokus pada botani dan sejarah. Pada 2003, universitas ini memiliki sekitar 65.000 mahasiswa.

Baca Juga : Dear Diary, Ini 8 Manfaat Sering-Sering Curhat di Buku Harian