Kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Korea Selatan? atau kamu penggemar Korean wave atau hallyu dan tertarik belajar di tempat yang sama dengan idola kamu? berikut ini urutan universitas terbaik di Korea Selatan untuk Kamu jadikan referensi.

Menurut hasil data dari katadata Korea Selatan menempati posisi kedua dengan predikat sistem pendidikan terbaik di dunia. Selain banyak Universitas yang mulai dikenal secara global, sistem pendidikan yang diterapkan juga menjadi faktor Korea Selatan diminati oleh mahasiswa asing untuk melanjutkan pendidikannya di Korea Selatan.

Faktor-faktor yang menjadi indikator sistem pendidikan di Korea Selatan dinilai baik adalah karena reformasi kurikulum pendidikan di Korea Selatan sudah berjalan sejak tahun 1970-an melalui koordinasi pembelajaran teknik dalam kelas dan pemanfaatan teknologi. Kamu tidak perlu khawatir untuk biaya pendidikan selama kamu berkuliah di Korea, karena pemerintah Korea Selatan memberikan beasiswa kepada 148 negara untuk mahasiswa sejak tahun 1967.

Baca Juga : Mengapa PAUD Penting Bagi Perkembangan Anak?

Daftar Universitas Terbaik di Korea Selatan

untuk Kamu yang berminat berkuliah di negeri ginseng ini, berikut 10 universitas di Korea Selatan terbaik menurut survei yang dilakukan oleh QS World University yang bisa kamu jadikan referensi untuk menentukan pilihanmu.

1. Seoul National University

Seoul National University atau lebih dikenal dengan SNU merupakan Universitas yang paling bergengsi di Korea Selatan. Terletak di pusat kota Seoul dan memiliki tiga kampus utama berada di Gwanak-gu dan dua kampus tambahan yang berlokasi di Daehangno dan Pyeongchang. Kampus ini didirikan pada tanggal 22 Agustus tahun 1946 yang terdiri dari 16 perguruan tinggi, satu sekolah pascasarjana dan 9 sekolah profesi. Sebagai kampus terkemuka di Korea Selatan, SNU juga memiliki banyak program studi terbaik yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah sebagai universitas kedokteran terbaik di Korea Selatan, dan meraih posisi ke-54 menurut World University Rankings 2022.

2. KAIST

sebagai universitas di Korea Selatan jurusan teknik terbaik, KAIST memang menjadi primadona bagi mahasiswa yang tertarik dengan ilmu sains, teknik maupun penelitian. Kampus yang didirikan oleh pemerintah Korea Selatan sejak tahun 1971 ini ditetapkan sebagai lembaga sains dan teknik pertama yang berorientasi pada penelitian. KAIST terletak di Yuseong, Daejeon, KAIST juga menyediakan beasiswa kepada mahasiswanya. KAIST menduduki peringkat ke 41 secara keseluruhan di dunia menurut QS World University pada tahun 2022.

3. Korea University

Korea University termasuk ke dalam salah satu dari tiga kampus elite yang selalu banyak peminatnya di Korea Selatan. Kampus ini didirikan pada tanggal 05 Mei 1905 yang awalnya dibentuk sebagai lembaga perguruan tinggi pertama berlandaskan nasionalistik dan menjadi kebanggaan selama masa kolonial.

Korea University menjadi universitas bisnis terbaik di Korea Selatan karena menjadi pelopor adanya program studi bisnis di Korea. Hal tersebut juga dibuktikan dengan diraihnya peringkat ke-11 di Asia dan ke-98 di dunia menurut QS World University Rankings.

4. Yonsei University

Yonsei University merupakan universitas swasta terbaik dan tertua di Korea Selatan. Kampus ini didirikan pada tahun 1885 oleh misionaris Kristen. Selain menyandang kampus swasta tertua, Yonsei University juga dikenal sebagai salah satu dari tiga kampus bergengsi di Korea Selatan dengan tingkat penerimaan awal dibawah 1% secara umum, itu berarti sebesar 0,5% harus menunjukan prestasi akademik (SAT Korea) untuk bisa mendaftar secara reguler. Yonsei University menyediakan beberapa program studi terbaik, seperti kedokteran, Administrasi, Hukum maupun klub olahraga yang selalu menyumbang prestasi. Keunggulan lainnya adalah Yonsei University diakui secara internasional karena terakreditasi oleh AACSB, EQUIS, dan KABEA dan diakui juga melalui kepemimpinan mereka dalam Desain Energi dan Lingkungan (LEED) gedung universitas. serta terverifikasi untuk bangunan hijau oleh komite Gedung Hijau AS.

5. Pohang University of Science and Technology

Dikenal sebagai rival KAIST, POSTECH merupakan universitas riset swasta yang berdiri sejak tahun 1986 dan terletak di Pohang. POSTECH menjadi salah satu kampus yang berfokus pada science, teknologi dan riset di Korea Selatan. Sejak 2010 POSTECH memperluas mata kuliah yang diberikan menggunakan bahasa inggris agar bisa sepenuhnya disampaikan dalam bahasa Inggris. Berbeda dengan sistem penerimaan masuk tiap kampus, POSTECH justru tidak mengutamakan pada skor kemampuan skolastik perguruan tinggi atau transkrip nilai. Kampus ini juga memberikan dukungan penuh dengan memberikan investasi pendidikan tinggi dan beasiswa per-siswa terbanyak di Korea yang tidak menutup kemungkinan semua siswa berkesempatan untuk memperoleh pendidikan di POSTECH.

6. Sungkyunkwan University

Sungkyunkwan University atau disebut SKKU merupakan Kampus tertua di Korea Selatan karena didirikan sebagai Institusi pendidikan tertinggi pada masa Dinasti Joseon yang berfokus pada studi Cina klasik, konfusianisme, dan Sastra. SKKU terletak di dua tempat yaitu Jongno-Seoul dan Suwon. Tidak hanya menyediakan jurusan liberal, Sungkyunkwan juga memiliki kampus Ilmu Pengetahuan Alam untuk mendukung mahasiswanya dalam proses pembelajaran. Sungkyunkwan juga sudah bermitra dengan perusahan Samsung untuk menyediakan program beasiswa setiap tahunnya kemudian mengembangkan infrastruktur penelitian berkualitas tinggi untuk mencapai pengelolaan sumber daya manusia yang unggul. Banyak alumni SKKU yang terkenal seperti, Song Joong Ki, Cha Eun Woo, Krystal Jung, Uee dan sebagainya. SKKU juga menjadi salah satu universitas seni terbaik di Korea Selatan.

7. Hanyang University

Hanyang University merupakan salah satu kampus riset swasta yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Kampus ini terbagi menjadi dua lokasi, pertama di Seoul dan di Ansan atau disebut dengan kampus ERICA. Pada tahun 1939, Universitas Hanyang menjadi universitas pertama yang menyediakan program studi teknik dan sudah berkontribusi terhadap pengembangan teknik di Korea. Serta tetap berfokus kepada studi praktis untuk penelitian dan pembelajaran. Tidak hanya menyediakan jurusan Teknik dan penelitian, Hanyang Kampus juga memiliki Program Studi liberal, humaniora, ekonomi, bisnis dan sebagainya.

8. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

Ulsan National Institute of Science and Technology atau UNIST merupakan universitas negeri yang berfokus pada penelitian di ilmu pengetahuan dan teknologi. Kampus yang didirikan dari tahun 2007 ini awalnya terbentuk atas berbagai tanggapan dan permintaan yang meningkat untuk dibangun sebuah universitas di Ulsan. UNIST juga menjadi universitas nasional pertama di Korea Selatan yang didirikan dan dikelola oleh dewan pengawas independen meskipun didanai oleh pemerintah pusat. Pada tahun 2021 UNIST menduduki posisi ke 178 secara global, ke 21 di Asia dan menjadi universitas ke 5 termuda di dunia.

9. Kyung Hee University

Kyung Hee University adalah universitas swasta yang dikenal luas sebagai salah satu universitas terbaik di Korea Selatan. Kyung Hee University sudah berdiri sejak 1949 dan terbagi di dua lokasi, yaitu Seoul dan Suwon Korea Selatan. Universitas ini juga terkenal dengan Fakultas Kedokterannya yang berdedikasi untuk studi praktik medis tradisional. Kyung Hee University memiliki berbagai program kerja sama secara global, seperti kolaborasi dengan Universitas Pennsylvania, PBB, Konferensi LSM (CoNGO) dan lainnya. Menurut data dari QS World University universitas Kyung Hee berada diposisi 264 secara global, ke- 39 se Asia serta posisi 6 di Korea Selatan.

10. Gwangju Institute of Science and Technology

Gwangju Institute of Science and Technology merupakan Universitas yang berorientasi pada penelitian dan berfokus dengan sains dan teknologi. GIST berlokasi di Buk-gu, Gwangju, Korea Selatan. GIST menjadi bagian dari anggota kelompok universitas berorientasi pada penelitian dan beranggotakan dari KAIST-POSTECH-UNIST-DGIST. Pada awalnya GIST dimulai sebagai sekolah pascasarjana yang berorientasi pada penelitian. Kemudian di tahun 2010 GIST menawarkan kurikulum sains berorientasi seni liberal pertama di Korea Selatan untuk mahasiswa sarjana.