Jika Inggris dikenal dengan universitas-universitas tertua di dunia, maka Amerika Serikat dikenal dengan universitas-universitasnya yang inovatif. Berdasarkan QS World University Rankings, setidaknya ada 5 institusi pendidikan tinggi di Amerika Serikat yang masuk dalam 10 besar universitas terbaik di dunia. Menariknya, berdasarkan rankings tersebut peringkat pertama sampai ketiga universitas terbaik di dunia merupakan universitas terbaik di Amerika Serikat.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Fakta Menarik Sistem Pendidikan di Korea Selatan

TOP 10 Universitas Terbaik di Amerika Serikat

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT merupakan perguruan tinggi riset swasta yang berdiri pada tahun 1861 dan berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Institusi ini terdiri dari 30 departemen yang terbagi dalam 5 Schools dan 1 College. Keenamnya adalah School of Architecture and Planning; School of Engineering; School of Humanities, Arts, and Social Sciences; MIT Sloan School of Management; School of Science; dan MIT Schwarzman College of Computing.

Penerimaan siswa di MIT yang selektif sehingga memiliki persentase penerimaan hanya sekitar 8% dari total pendaftar. Saat ini total pelajar di MIT berjumlah sekitar 11520 yang terbagi 4530 berada di tingkat undergraduate dan sisanya berada di level postgraduate. Sekitar 30% dari total siswa keseluruhan adalah pelajar internasional.

2. Stanford University

Stanford University merupakan sakah satu universitas riset terbaik di dunia yang terletak di negara bagian California, Amerika Serikat dan sudah berdiri sejak tahun 1885. Universitas ini memiliki 7 “School” yaitu Business; Earth, Energy & Environmental Sciences; Education; Engineering; Humanities & Sciences; Law; dan Medicine.

Jumlah pelajar aktif di Stanford University saat ini adalah 16.424 orang dengan staf pengajar berjumlah 2,219 orang. Jumlah mahasiswa internasional di salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat ini adalah sekitar 22% dari total siswa keseluruhan. Alumni Stanford University banyak yang berperan penting dalam bidang pemerintahan, bisnis, teknologi dan lain-lain.

3. Harvard University

Harvard University merupakan universitas tertua di Amerika Serikat yang terkenal dengan sejarah serta reputasi akademiknya. Hal tersebut membuat Harvard University tidak hanya berpengaruh di Amerika namun juga di dunia. Universitas ini terletak di Cambridge, Massachusetts dan telah berdiri sejak tahun 1636.

Jumlah mahasiswa Harvard University saat ini adalah sekitar 20 ribu siswa yang sekitar seperempatnya merupakan siswa internasional. Afiliasi universitas ini telah mendapatkan banyak penghargaan termasuk penghargaan nobel. Harvard University juga mencetak banyak lulusan yang memiliki nama besar di bidangnya. Alumni universitas ini termasuk 8 orang mantan presiden Amerika Serikat.

4. California Institute of Technology (Caltech)

Institusi ini berdiri pada tahun 1891 dengan nama Throop University di Pasadena, California yang kemudian berubah nama menjadi California Institute of Technology pada tahun 1920. Caltech adalah institusi yang berfokus dalam bidang teknik dan teknologi yang dikenal inovatif. Ada enam divisi akademik yang ada di Caltech yang semuanya berfokus pada bidang sains dan teknik yaitu Biology & Biological Engineering, Chemistry & Chemical Engineering, Engineering & Applied Science, Geological & Planetary Sciences, Humanities & Social Sciences, dan Physics, Mathematics & Astronomy.

Caltech dikenal sebagai institusi yang sangat selektif dalam penerimaan siswa setiap tahunnya. Untuk kelas tahun 2023, institusi ini hanya menerima sekitar 230 siswa dari lebih 8000 yang mendaftar.

5. University of Chicago

University of Chicago adalah salah satu universitas riset swasta yang terletak di Chicago, negara bagian Illinois dan telah berdiri sejak tahun 1890. Universitas ini menawarkan ratusan program untuk tingkat sarjana dan pascasarjana untuk sekitar 16 ribu siswanya. Universitas ini termasuk salah satu universitas papan atas di Amerika Serikat dan dikenal sebagai institusi pendidikan terbaik.

University of Chicago dikenal dengan Professional School-nya di bidang kedokteran, bisnis, hukum, administrasi layanan sosial, dan lain-lain. Lulusan-lulusan Chicago University telah tersebar sebagai orang-orang yang berkontribusi dalam berbagai bidang mulai dari bisnis, politik, seni, dan lain-lain. Hingga tahun 2019, sebanyak 100 penghargaan nobel telah diberikan kepada afiliasi University of Chicago.

6. Princeton University

Princeton University merupakan salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat yang kerap berada dalam posisi teratas berbagai rankings. Universitas ini juga termasuk salah satu universitas dengan persaingan masuk yang kompetitif. Selain itu, jumlah international student di universitas ini jumlahnya sekitar 12%. Princeton university menawarkan 36 departemen akademik, 55 program sertifikat interdisipliner, 42 program dan departemen doktorat, 33 program doktorat interdisipliner, dan 18 program gelar master.

Penelitian juga merupakan hal yang diunggulkan di universitas ini antara lain di bidang Teknik dan Ilmu Terapan, Humaniora, Ilmu Alam, dan Ilmu Sosial.

Alumni dari Princeton University termasuk James Madison and Woodrow Wilson yang merupakan mantan presiden Amerika Serikat serta mantan Ibu Negara, Michelle Obama.

7. Cornell University

Berdiri pada tahun 1865, Cornell University merupakan universitas riset swasta yang terletak di Ithaca New York. Secara umum, universitas ini menawarkan program-program yang dibagi dalam College & School. Bidang yang ditawarkan antara lain adalah agrikultur, arsitektur, seni, bisnis, dan teknik. Hingga tahun 2019 lalu, sudah ada 59 penghargaan Nobel diberikan kepada afiliasi Cornell University, baik itu pelajar, staf pengajar maupun peneliti.

8. University of Pennsylvania

Universitas terbaik di Amerika Serikat selanjutnya adalah University of Pennsylvania yang telah berdiri sejak tahun 1740. Universitas yang terletak di Philadelphia, Pennsylvania ini didirikan oleh Benjamin Franklin dan sudah mencetak banyak alumni ternama dalam berbagai bidang. Di antara alumninya yang terkenal antara lain adalah Elon Musk, John Legend, Elizabeth Banks, dan Ivanka Trump.

University of Pennsylvania saat ini memiliki sekitar 20 ribu siswa dengan jumlah staf pengajar sekitar 4700 orang. Sementara jumlah pelajar internasional di universitas ini adalah 4800 orang.

9. Yale University

Didirikan pada tahun 1701, Yale University adalah institusi pendidikan tinggi tertua ketiga di Amerika Serikat dan merupakan salah satu dari 9 “Colonial College” yang telah ada sebelum Revolusi Amerika. Universitas ini berlokasi di New Haven, Connecticut dan merupakan almamater dari mantan Presiden Amerika Serikat George H.W Bush, dan politisi terkenal Hillary Clinton. Yale University menawarkan pilihan program baik di tingkat sarjana, pascasarjana serta profesional.

10. Columbia University

Columbia University adalah salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat lainnya yang memiliki angka penerimaan yang rendah karena persaingan yang kompetitif. Universitas ini terletak kota New York dan menawarkan banyak pilihan program dalam 6 “School” mulai dari bisnis, seni, kesehatan dan teknologi. Alumni Columbia University yang terkenal salah satunya adalah penulis Isaac Asimov.

Tentukan Universitas Impianmu!
Nah, itu dia universitas-universitas terbaik di Amerika Serikat yang dikenal dengan keungulannya masing-masing. Untuk dapat masuk ke salah satu universitas tersebut persaingannya sangat kompetitif karena tingkat persentase penerimaannya rendah. Jadi, jika kalian tertarik untuk melanjutkan studi di Amerika serikat, siapkan diri dari sekarang ya!