Universitas Muhammadiyah merupakan salah satu jaringan perguruan tinggi swasta terbesar yang ada di Indonesia. Hingga saat ini, menurut catatan data Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, total terdapat 162 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA).

Lebih tepatnya, ada perguruan tinggi tersebut terdiri dari sekitar 60 universitas, 82 sekolah tinggi, 6 akademi, 9 institut, dan 5 politeknik.

Di sisi lain, baru-baru ini beredar kabar yang menyita perhatian, mengenai rencana pembukaan cabang baru Universitas Muhamadiyah. Bukan di dalam negeri, cabang yang dimaksud nyatanya akan dibuka di Negeri Ginseng, yakni Korea Selatan.

Kerja sama dengan Tongmyong University

Bukan sekadar kabar angin, kepastian mengenai rencana tersebut disampaikan langsung oleh Rektor UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si, Minggu (16/10/2022) di Edutorium K.H., Ahmad Dahlan UMS.

Menurut Rektor UMS, pada tanggal 24 Oktober mendatang, akan ada penandatanganan MoU antara UMS dengan Tongmyong University, mengenai rencana membuka cabang di Korea Selatan. Dirinya menyebut, kesempatan tersebut menjadi momentum bersejarah untuk UMS.

“Pada puncak acara hari jadi, kita akan resmikan kerja sama membuka cabang di Korea Selatan,” ujar Sofyan Anif.

Bukan terjalin secara tiba-tiba, diketahui jika sebelumnya UMS dan Tongmyong University telah menjalin kerja sama dengan membuka program gelar ganda atau double degree, pertukaran pelajar (student exchange), dan pertukaran dosen (lecturer exchange).

Penandatangan MoU sendiri akan dilakukan di UMS, dengan kedatangan langsung dari pihak rektor universitas terkait dari Korea Selatan.

Bukan kali pertama, sebelumnya Tongmyong University kerap menjalin kerja sama di bidang edukasi dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya Universitas Islam Indonesia (UII).

Baca Juga: Profil Universitas Nusa Cendana (UNDANA)

Pada tahun 2021 lalu, Tongmyong University telah menjalin kerja sama lintas edukasi dengan UII seperti program joint degree dan double degree, bagi mahasiswa program studi Akuntansi, Manajemen, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika.

Untuk diketahui, Tongmyong University adalah salah satu universitas terkemuka di Korea Selatan yang berlokasi di Busan dan didirikan pada tahun 1977. Menilik laman resminya, universitas tersebut dibangun oleh Tongmyong Lumber, salah satu pemimpin industrialisasi Republik Korea pada 1960-an dan 1970-an.