Profil Kampus

Universitas Nusa Cendana (UNDANA) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). UNDANA didirikan pada tanggal 1 September 1962 sekaligus menjadi universitas negeri pertama yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. UNDANA sendiri memiliki gedung kampus yang bertempat di Jl. Adisucipto, Penfui, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Sejarah

Awal mula didirikannya Universitas Nusa Cendana diprakarsai dengan adanya ide masyarakat dalam hal memiliki perguruan tinggi negeri yang berada di daerah Nusa Tenggara Timur. Dalam proses pendirian UNDANA dibentuk sebuah panitia inti pendirian universitas negeri di Nusa Tenggara Timur.

Hingga akhirnya melalui Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) tanggal 28 Agustus 1962 ditetapkan pendirian sebuah perguruan tinggi negeri yang bertempat di Kupang dan terhitung sejak 1 September 1962 yang juga ditetapkan sebagai hari jadi UNDANA.

Pada awalnya universitas ini bernama Universitas Kupang, sebelum terdapat pengajuan nama dari panitia persiapan pendiri, yakni nama Paraja, Liurai, dan Nusa Cendana. Hingga akhirnya nama Nusa Cendama dipilih dan ditetapkan melalui keputusan Presiden Republik Indonesia No. 67 tanggal 23 April 1963.

Lambang

Undana memiliki lambang yang berbentuk daun lontar berwarna hijau dengan 1 tangkai berduri 9, bergerigi 62, bertuliskan “UNIVERSITAS NUSA CENDANA”, gambar lingkaran kuning berisi bintang bersegi lima berwarna putih dan di tengahnya terdapat gambar obor dan akar cendana.

Lambang Undana sebagaimana dimaksud diatas memiliki makna sebagai berikut:

  1. Daun lontar melambangkan kemampuan adaptasi terhadap setiap perubahan;
  2. Warna hijau pada daun lontar melambangkan pengharapan dan kehidupan abadi;
  3. 1 tangkai melambangkan tanggal berdirinya Undana;
  4. Tangkai berduri 9 melambangkan bulan berdirinya Undana;
  5. Daun lontar bergerigi 62 melambangkan tahun berdirinya Undana;
  6. Tulisan “UNIVERSITAS NUSA CENDANA” melambangkan nama Universitas;
  7. Gambar lingkaran melambangkan ciri dan corak Undana yang senantiasa bergerak, berputar dan maju sehingga mampu berfungsi sebagi dinamisator bagi masyarakat menuju perkembangan dan modernisasi;
  8. Warna kuning pada lingkaran melambangkan kejujuran dan keluhuran budi;
  9. Bintang bersegi lima melambangkan Pancasila;
  10. Warna putih pada bintang melambangkan kejujuran dan kesucian;
  11. Obor dan akar cendana melambangkan ilmu pengetahuan sebagai suluh yang membawa kepada kehidupan yang luhur, bahagia, dan sejahtera;
  12. Warna merah pada obor melambangkan keberhasilan.

Bendera

Bendera Undana berbentuk segi empat berukuran 2:3, berwarna kuning, di tengah-tengahnya terdapat lambang Undana. Bendera Undana digunakan pada upacara akademik dan upacara lainnya.

Setiap fakultas di Undana memiliki warna bendera yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Ungu dan hijau muda untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  2. Merah untuk Fakultas Hukum
  3. Jingga untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  4. Biru, Hijau dan Biru muda untuk Fakultas Pertanian
  5. Biru, Merah dan Biru muda untuk Fakultas Peternakan
  6. Ungu untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat
  7. Biru dan Hitam untuk Fakultas Sains dan Teknik